Senin, 02 Januari 2012

Membangun Jaringan LAN

Jaringan Komputer adalah menghubungkan dua komputer atau lebih, sehingga antara satu komputer dengan komputer lain dapat saling bertukar resource seperti sharing file, printer, dan lain-lain dengan menggunakan protocol yang sama, yang disebut TCP/IP. Jaringan komputer sangat diperlukan untuk berbagai kebutuhan misalnya :

  • Dalam membangun jaringan WARNET / MULTIPLAYER GAMES
  • Perkantoran
  • Sekolah-Sekolah dan lain-lain


Untuk membangun sebuah jaringan komputer diperlukan beberapa peratakan alat sebagai berikut :

  • 2 komputer atau lebih
  • LAN Card / NIC (Network Interface Card) sejumlah komputer yang akan dibangun
  • Kabel UTP sesuai kebutuhan (ada baiknya sebelum membangun sebuah jaringan, kita sudah menentukan tempat-tempat komputer yang akan digunakan sehingga bisa menentukan jumlah kebutuhan kabel yang akan digunakan)  
  • Konektor RJ45 (membutuhkan 2x jumlah komputer yang digunakan, 1 untuk kebutuhan komputer dan 1 untuk kebutuhan Switch / HUB)
  • Switch/Hub (diperlukan jika yang digunakan lebih dari 2 komputer)
  • Tang Crimping
  • Kabel tester


     
   
 

Gbr. Kebutuhan untuk membangun LAN


Membangun jaringan komputer :
Sebelum membangun jaringan komputer, ada 2 istilah yang sering digunakan dalam pemasangan kabel UTP ke konektor RJ45 yaitu Cross Over dan Straight Through. Cross Over digunakan bila komputer yang digunakan 2 komputer dan Straight digunakan bila komputer yang digunakan 3 atau lebih komputer. Perlu diperhatikan juga, penggunaan untuk kebutuhan kabel dan konektor RJ45 diusahakan menggunakan yang memiliki kwalitas bagus karena ini juga mempengaruhi transfer data dalam jaringan tersebut.

1.    Menggunakan 2 Komputer
Dalam membangun jaringan untuk 2 komputer tidak memerlukan Switch / HUB. Hanya saja yang berbeda adalah saat pemasangan kabel UTP ke konektor RJ45 atau menggunakan model Cross Over (STRAIGHT to CROSS). Untuk lebih jelasnya perhatikan skema gambar di bawah.

 
 
Gbr. Skema CROSS OVER (Socket 1 model STRAIGHT / lurus, socket 1 model CROSS / silang)


Urutan warna pemasangan kabel UTP ke socket RJ45 model CROSS OVER  
STRAIGHT / LURUS
CROSS / SILANG
1.   Putih Orange (1)
2.  Orange (2)
3.  Putih Hijau (3)
4.  Biru (4)
5.  Putih Biru (5)
6.  Hijau (6)
7.  Putih Coklat (7)
8.  Coklat (8)
1.   Putih Hijau (3)
2.  Hijau (6)
3.  Putih Orange (7)
4.  Biru (4)
5.  Putih Biru (5)
6.  Orange (2)
7.  Putih Coklat (7)
8.  Coklat (8)

 
Setelah pemasangan kabel UTP selesai, sebelum dipasang ke LAN Card di masing-masing komputer ada baiknya di test terlebih dahulu menggunakan kabel tester sehingga diketahui apakah masing-masing kabel sudah terhubung dengan baik. Dengan menggunakan alat kabel tester ini, kita bisa mengetahui apakah antara socket satu dengan socket lainnya sudah terhubung dari indikasi lampu led yang menyala atau tidak. Jika menyala semua berarti sudah terhubung, jika salah satu tidak menyala atau dua-duanya tidak menyala berarti belum terhubung dengan baik.

Gbr. Testing Kabel
Jika sudah selesai, tinggal mengatur setting pengalamatan atau IP Address di tiap masing-masing komputer untuk cara setting IP Address silakan klik disini.

2.   Menggunakan lebih dari 2 komputer
Untuk membangun jaringan pada komputer yang jumlahnya minimal 3 atau lebih dibutuhkan alat tambahan berupa Switch / HUB sebagai penghubungnya. Dan metode pemasangan kabel UTP ke socket RJ45 menggunakan model STRAIGHT semua. Berikut skema pemasangan STRAIGHT THROUGH :

  

Urutan warna pemasangan kabel UTP ke socket RJ45 model STRAIGHT
STRAIGHT / LURUS
STRAIGHT / LURUS
1.      Putih Orange (1)
2.     Orange (2)
3.     Putih Hijau (3)
4.     Biru (4)
5.     Putih Biru (5)
6.     Hijau (6)
7.     Putih Coklat (7)
8.     Coklat (8)
1.      Putih Orange (1)
2.     Orange (2)
3.     Putih Hijau (3)
4.     Biru (4)
5.     Putih Biru (5)
6.     Hijau (6)
7.     Putih Coklat (7)
8.     Coklat (8)

Untuk cara pemasangannya kabel UTP ke socket RJ45 pada dasarnya sama yang membedakan hanya metode yang digunakan. Setelah itu setting IP Address di masing-masing komputer. Untuk setting silakan klik disini.








Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar