Rabu, 04 Januari 2012

Mengatur Halaman


Ada baiknya sebelum kita mengetik suatu naskah, sudah menentukan jenis kertas, ukuran margin (batas atas, bawah, kiri dan kanan), dan ukuran spasi yang akan digunakan. Apalagi naskah yang akan kita buat nanti ada berlembar-lembar. Selain untuk menjaga kerapian naskah juga memudahkan kita untuk tidak meng-edit atau mengubah lagi format yang sudah kita buat. Sebagai contoh kita menggunakan ukuran kertas Letter atau Kwarto, namun setelah semua naskah sudah selesai perlu diubah ke ukuran A4 atau F4. Ini akan mengakibatkan perubahan format yang tentunya akan menyita waktu untuk mengaturnya kembali.
Cara untuk mengatur halaman sebagai berikut :

1.
2.
3.
Klik tab ribbon “Page Layout “
Pada group “ Page Setup “ klik di sudut  bawah kiri
Kemudian akan keluar kotak dialog “ Page Setup “ yang terdiri dari 3 tab, yaitu Margins, Paper dan Layout.




Berikut fungsi dari masing-masing tab pada Page Setup :

a.
Tab Margins :
Pada tab margin ada 3 pengaturan yaitu :

-     Margins (untuk mengatur batas atas, bawah, kiri dan kanan)
Biasanya untuk default menggunakan satuan Inci, agar lebih mudah maka kita perlu mengubahnya ke satuan Centimeter. Untuk mengubah satuan Centimeter silakan klik disini
Pada bagian gambar warna hijau masukkan angka yang diinginkan untuk menentukan batas margin.
-     Orientation (untuk mengatur posisi kertas Portrait atau Landscape)
   Pada bagian gambar warna hijau pilih orientasi yang diinginkan. 
-     Pages (untuk memilih bentuk dari halaman-halaman)
  Pada bagian ini jarang sekali kita melakukan perubahan pengaturan. Jika kita ingin membuat format seperti buku (bolak-balik) baru pengaturan ini digunakan. 



b.
Tab Paper :
Pada tab Paper, digunakan untuk mengatur jenis kertas yang digunakan. Jika kita sudah mengetahui jenis kertas yang digunakan tinggal memilih pada menu scroll pada pilihan “ paper size “. namun jika hanya mengetahui panjang dan lebarnya, diisi secara manual pada bagian width / lebar dan height / panjang. Contoh jika ingin menggunakan jenis kertas Folio / F4, pada height diganti 33.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar