Kamis, 05 Januari 2012

Membuat Tabel




Pada gambar diatas terlihat lembar kerja pada Ms. Excel 2007. Pada Ms. Excel terdapat 2 bagian, yaitu bagian Vertical ditunjukkan pada blok warna merah yang segaris dengan deretan angka-angka (dilingkari warna hijau) atau biasa disebut baris dan bagian horisontal ditunjukkan pada blok warna hijau yang segaris dengan deretan huruf-huruf (dilingkari warna hijau) atau biasa disebut kolom.Pertemuan baris dan kolom disebut dengan CELL. Pada CELL yang aktif ditunjukkan kotak berwarna hitam. Terlihat pada gambar CELL yang aktif berada pada CELL F4.

  
1.
Membuat naskah

 

Buat naskah seperti terlihat pada gambar diatas. PERHATIKAN : jika lebar kolom masih belum sesuai dengan karakter yang ada, abaikan dahulu. Kita kerjakan naskah yang ada sampai selesai.

2.
Membuat Penomoran 


Untuk membuat penomoran secara berurutan, blok terlebih dahulu pada 2 CELL teratas. Seperti pada gambar, CELL yang blok terdapat angka 1 dan 2. Selanjutnya arahkan kursor pada sudut bawah kanan CELL sampai kursor berubah bentuk seperti tanda “+”. Kemudian tarik mouse ke bawah, seiring dengan munculnya angka yang berurutan sesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan kemudian lepas mouse. Ini akan mempermudah dalam pembuatan apalagi jika nomor yang dibutuhkan sampai dengan puluhan bahnkan ratusan. 

3.
Mengubah Lebar Kolom

 

Untuk mengubah lebar kolom, blok terlebih dahulu kolom yang akan diubah lebarnya. Kemudian arahkan kursor pada perbatasan kolom satu dengan lainnya (lihat gambar) sampai kursor berubah bentuk seperti tanda “ + “ namun pada kiri-kanannya ada tanda anaak panah. Klik 2x, kolom otomatis lebarnya akan berubah sesuai dengan lebar karakter yang ada.

4.
Menggabungkan (Merged) CELL

 

Untuk menggabungkan (Merged) CELL, sorot pada bagian CELL yang akan digabungkan, seperi pada contoh gambar CELL yang diblok CELL  A1 - D1. Kemudian klik pada ikon " MERGE & CENTER " dan pilih " Merge & Center ". CELL akan bergabung sekaligus akan berada di Rata Tengah. 

5.
Membuat Border



Untuk membuat border, blok/sorot pada CELL yang akan diberi border. Pada contoh gambar terlihat yang diblok CELL A3 – D11. Kemudian cari ikon “ ALL BORDER “ dan klik “All Border“. Maka CELL yang sudah disorot tadi akan muncul bordernya.


6.
Mengatur Format
Untuk mengatur format seperti " Perataan ", " Format Huruf (Tebal, MIring, Garis Bawah dll) caranya sama seperti pada Ms. Word 2007. Kita aktifkan dulu CELL-nya lalu tinggal pilih " Format Font " yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar