Minggu, 08 Januari 2012

Membuat List pada Teks

Untuk membuat teks dengan background gambar (gr. 1), terkadang teks yang kita buat tidak terbaca dengan jelas. Untuk itu perlu dibuat list pada teks agar bisa terbaca denga jelas, Berikut cara membuat teks dengan list yang dibuat menggunakan program CorelDraw X3.

Gr. 1 Teks tidak terbaca dengan jelas


MEMBUAT LIST 1 :
  • Duplicate terlebih dahulu teks 1 dengan cara aktifkan Teks 1 lalu tekan CTRL+D (Hasil dari duplicate/Teks 2 ini untuk membuat list yang ke 2)
 
 Gb. 2 Duplicate Teks 1 
  • Langkah selanjutnya aktifkan Teks 1 dengan meng-klik pada teks-nya
  • Lalu klik ikon Outline Pen
  • Pilih Outline Pen Dialog untuk memunculkan pengaturannya.
 
 Gb. 3 Pengaturan untuk list (warna, tebal, bentuk dan posisinya)

  • Perhatikan gambar pada Outline Pen Dialog (pengaturan untuk list), pengaturan yang harus dilakukan adalah :
  1. Color, pilih warna yang tidak sama dengan warna teks. Secara default warna pada posisi warna hitam. Sebagai contoh diatas, karena warna teks menggunakan warna hitam maka warna pada list dipilih warna putih.
  2. Width, atau tebal list. Gunakan tebal list sesuai dengan besarnya teks yang digunakan agar tidak terlalu tebal atau terlalu tipis. Pada contoh dipilih 1 pt
  3. Corners, atau sudut. Pilih / centang pada sudut yang berbentuk lingkaran. Pada contoh diatas masih menggunakan sudut bentuk kotak.
  4. Line caps, untuk bagian ini dipilih pada pilihan no. 2 dari atas atau berbentuk oval. Pada bagian ini mengatur bentuk garis dibagian sudutnya. 
  5. Yang terakhir beri centang pada bagian " behind text ". Ini dimaksudkan agar list kita nanti tidak menutupi teksnya. Kemudian klik OK
  

 
Gb. 4 List 1 yang sudah jadi


Sebenarnya pada langkah ini teks sudah terbaca dengan jelas. Untuk memberi list yang ke 2, kita gunakan Teks 2 tadi. Dengan catatan kita atur terlebih dahulu posisi teks 1 kita pada posisi objek paling atas. Caranya klik kanan pada Teks 1 lalu muncul menu seperti pada gambar 4, lalu pilih " Order " pada pilihan order pilih " To Front Of Text ". Ini dimaksudkan agar Teks 2 tidak menutupi Teks 1.

Jika sudah kita atur teks 2 dengan mengganti warna teksnya (pada contoh dihilangkan warna teksnya) lalu atur list-nya seperti pada contoh diatas. Dengan catatan, lebar list 2x - 3x lebar list teks 1. Akhiri dengan menekan OK dan list Teks 2 sudah selesai. Sekarang tinggal menaruh posisi Teks 1 dan Teks 2. Atur Teks 2 berada tepat di belakang Teks 1.
Caranya :
  • Klik terlebih dahulu Teks 2 lalu klik Teks 1 (jangan terbalik)
  • Lalu pilih menu : Arrange --> Align and Distribute --> Align and Distribute 
  
Gb. 5 Mengaktifkan kotak dialog Align and Distribute
  • Kemudian akan muncul ktak dialog " Align and Distibute ". Fungsi dari menu ini untuk mengatur perataan yang digunakan dan aktif jika kita memilih 2 obyek atau lebih.
  • Beri tanda centang untuk horisontal : center, dan vertical : center (lihat pd gb. 6) dan tekan OK
 
 Gb. 6 Kotak Dialog Align and Distribute..
  • Teks dengan list sudah selesai seperti pada gambar di bawah.....

Semoga bermanfaat and dtunggu commentnya.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar